PEMUDA DAN SOSIALISASI

PEMUDA DAN KEIKUTSERTAANNYA DALAM ORGANISASI

1. Pengertian Pemuda

Pemuda sebagai tonggak dari kehidupan masa yang akan datang, dimana di pundak mereka terbebani dengan berbagai harapan ideology sebagai penerus dari generasi tua dan cita-cita bangsa. Pemuda sebagai suatu subyek yang tentunya memiliki nilai sendiri dalam pergerakan kehidupan bangsa daripada mereka sebagai obyek yang tidak memiliki andil dalam kemajuan kehidupan disekitarnya. Pemuda pada setiap zamannya akan memiliki pandangan yang saling berbeda dikarenakan pengaruh dari berbagai bidang dan cultural pada setiap perkembangannya. Pemuda merupakan generasi yang akan menentukan arah hidup suatu bangsa dan Negara sebagai penerus pembangunan serta cita-cita perjuangan bangsa. Dengan berbagai variasi permasalahan yang akan dihadapi oleh pemuda seperti perubahan-perubahan sosial budaya yang terjadi sebagai akibat dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni yang diikuti oleh masalah peledakan penduduk dan berbagai krisis dunia dalam bidang ekonomi, social, budaya, politik dan pertahanan keamanan, telah mempengaruhi masyarakat secara mendasar. Hal ini akan menjadi sebuah tantangan yang perlu dihadapi pemuda sebagai perjuangan mereka dalam meneruskan perjuangan generasi pendahulu yang mengharapkan kemajuan bangsa dan Negara ke arah yang lebih baik. . Secara garis besar, permasalahan generasi muda itu dapat dilihat dari berbagai aspek sosial, yang meliputi :
a. Aspek Sosiologi Psikhologi
b. Aspek Sosial Budaya
c. Aspek Sosial Ekonomi
d. Aspek Sosial Politik

2. Organisasi Pemuda

Keikutsertaan pemuda dalam suatu perkumpulan menjadi peranan penting dalam menentukan arah pembangunan. Perkumpulan dalam hal ini merupakan organisasi yang akan mengisi ideology mereka sebagai penerus bangsa. Hal ini dapat terlihat pada tahun 1928 dimana para pemuda memiliki inisiatif sendiri dalam perjuangannya untuk menyatukan bangsa Indonesia yang terpisah jauh diantara pulau-pulau dan mengikrarkan sumpah, saat ini di kenal dengan Sumpah Pemuda. Peranan mereka dalam keikutsertaan organisasi sangatlah penting untuk pembangunan masyarakat, bangsa dan Negara. Pemuda atau mahasiswa sebagai pelopor dari masa baru, seperti terlihat pada masa awal kemerdekaan mereka mulai mendirikan organisasi yang bersifat politik ataupun militer, diantaranya KAMI(Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia) yang menjadi pelopor pendobrak kearah kehidupan baru yang dikenal dengan Orde Baru dan kemudian pada masa akhir Orde Baru, pemuda atau mahasiswa melakukan langkah penting kembali dengan mengganti masa kehidupan baru lainnya menjadi Reformasi. Saat ini demokrasi mulai dijalankan dengan belajar walau tidak sepenuhnya, inilah bukti peranan pemuda sebagai generasi kritis, dinamika inovatif dan pemberani dengan idealismenya yang dapat mengubah zaman suatu bangsa. Secara garis besar mahasiswa atau pemuda memiliki peranan sebagai berikut :

    1. agent of change
    2. agent of development
    3. agent of modernization

Sebagai agent of change yang akan membawa perubahan-perubahn dalam berbagai bidang ke arah yang lebih baik. Sebagai agent of development, pemuda diharapkan mengembangkan dan melancarkan jalannya pembangunan di berbagai bidang baik yang bersifat fisik maupun non fisik. Sedangkan pemuda sebagai agent of modernization agar masa-masa yang akan dilalui menjadi masa baru yang lebih baik daripada masa yang telah ditinggalkan dan bertindak menjadi pelopor pembaharuan untuk kemajuan bangsa dan Negara.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: