ILMU PENGETAHUAN DAN KEMISKINAN

PENGARUH KEMISKINAN DALAM PENDIDIKAN

Kemiskinan merupakan suatu kondisi kekurangan atas segala hal terutama materi, kebutuhan social dan penghasilan kurang serta kekayaan. Dalam hal ini kekurangan kebutuhan social dapat diartikan pada tingkat taraf pendidikan yang kurang memadai. Pendidikan amatlah penting dalam menunjang kehidupan kita, namun pendidikan tidak mutlak akan membuat kita keluar dari suatu kemiskinan, hal tersebut tergantung bagaimana kita akan memanfaatkan setiap pengetahuan yang kita peroleh. Pentingnya pendidikan dapat kita lihat dalam kehidupan kita, yaitu untuk mengembangkan setiap potensi yang dimilki menjadi suatu pengetahuan yang dapat berguna bagi kehidupan. Memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan dapat diperoleh melalui pendidikan yang memiliki kualitas yang baik. Baik buruknya pemanfaatan pendidikanyang kita peroleh dapat dilihat dari keperluan diri dan masyarakat.
Masyarakat miskin akan rentan dalam mendapatkan pendidikan yang berkualitas, dikarenakan untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas maka akan diperlukan biaya yang cukup tinggi, di Indonesia lebih dari 30 juta orang merupakan masyarakat miskin. Walau pemerintah telah mencanangkan pendidikan gratis, pada kenyataannya pendidikantersebut tidak sepenuhnya gratis. Memang beberapa pendapat menyatakan jika ingin mendapatkan pendidikan tinggi mengeluarkan biaya yang tinggi juga merupakan kewajaran. Kenyataannya bagi Negara yang berkembang pendidikan masih dinomor duakan namun pengentasan kemiskinan tidak pula dinomor satukan. Hal ini akan menjadi percuma jika 2 hal terpenting tidak segera dituntaskan, dengan kemiskinan akan menghambat peningkatan pendidikan bagi generasi muda yang akan membangun bangsa ini.
Pemerintah seharusnya focus pada peningkatan taraf hidup masyarakat sehingga kemiskinan akan berkurang. Peningkatan ekonomi secara umum tidak akan membuat berkurangnya kemiskinan karena peningkatan ekonomi hanya berlaku bagi kepemilikan pasar sehingga tidak akan berpengaruh pada perekonomian rakyat kecil yang tidak memiliki andil dalam pasar internasional atau nasional. Pendidikan akan meningkatkan pengetahuan dan pengetahuan digunakan untuk pemanfaatan diri dan masyarakat. Kemiskinan akan menyebabkan generasi muda terlantar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: